Rabu, 04 Januari 2012

25, 12, 2011: The Death Came (R.I.P Ben Breedlove)

Benjamin Daniel Breadlove atau biasa dikenal dengan Ben Breedlove, seorang video blogger di youtube yang lahir pada 8 Agustus 1993 yang beberapa waktu lalu eksis dengan videonya yang bertajuk "This is My Story". Ada dua bagian di dalam video ini, Part 1 dan Part 2, bagian kedua videonya dirilis 18 Desember 2011 tepat 7 hari sebelum kematiannya saat natal.

Di video itu diceritakan lewat note card yang ditulisnya, ia adalah seorang penderita Hipertrofik Kardiomiopati, sebuah penyakit kelainan otot jantung yang membuat jantung sulit memompa darah dan akan menyebabkan gangguan pada jantung. Diaknosa awal dokter terhadap Breedlove adalah Ia tak akan bertahan melewati masa-masa remajanya. Miris Bukan, dan yang lebih ironisnya lagi diagnosa dokter itu benar.

Breedlove menjelaskan dalam videonya, "Aku tiga kali bertemu dengan kematian". Ya Breedlove memang tiga kali 'menantang' kematian karena kondisinya. Ia menceritakan dalam videonya tanpa berbicara hanya menunjukkan deretan notes yang ia tulis tangan lalu ia tunjukkan pada layar.

Part 1 menurut saya adalah Part yang paling 'menakutkan' ya saat Breedlove menunjukkan bekas jahitan lebar di bagian dada kirinya, terlihat masih memerah dengan kulit bulenya yang putih. Ia menceritakan setiap kali ia 'menantang' kematian ia melihat cahaya putih di suatu ruangan tanpa dinding hanya cahaya. Menurut saya ini adalah sebuah pertanda.

Breedlove sepertinya sangat menghindari kata 'menantang maut' ia lebih suka menyebutnya "I Cheated the Death", Aku menipu kematian. Dan Ia menurut saya orang yang cukup beruntung dapat selamat dari maut sampai tiga kali. Beberapa diantara orang-orang seperti ini bahkan tak memiliki kesempatan lebih.

Mungkin, Tuhan ingin menyampaikan pesan lewat Breedlove bahwa hidup itu tak perlu didramalisasi, hidup ini adalah sebuah perjalanan yang akhirnya akan kembali kepada kematian. Mungkin Tuhan ingin memberikan semangat kepada 'mereka' yang sama seperti Breedlove yang masih berjuang atas hidupnya, tak perlu patah semangat, Tuhan masih memberikannya waktu untuk tersenyum untuk menipu kematian seperti Breedlove.


"Do you believe in Angels or God? | I do"
Ben Breedlove, This is My Story Part 2

*****

Satu fiksi mini dari saya untuknya, Ben Breedlove:

"Apakah kau percaya dengan Tuhan?"

"Tidak, kalau ada kenapa ada orang sepertiku?" katanya sambil menunjuk ke arah dada yang baru selesai di operasi kemarin.

"Inilah jalan Tuhan, Kawan."

"Apa? Membuatku bertemu kematian berkali-kali?"

"Ya, dengan itu kau akan bertemu dengan-Nya dan kau akan percaya bahwa Ia ada."

Keduanya terdiam dalam kebekuan tentang Tuhan. Di tengah senja mendekap mereka dalam satu harapan, kembali bertemu Tuhan.

*****

Dan ini videonya,
THIS IS MY STORY (PART 1)



THIS IS MY STORY (PART 2)



Desember 25, 2011: Rest In Peace Ben Breedlove
"Aku percaya, saat ini kau sudah bertemu dengan malaikat-malaikat dan Tuhan."

17 komentar:

  1. jadi dia sudah meninggal sekarang?
    tadi ku kira dia bisu

    BalasHapus
  2. mhm... merinding asli.. -__-

    kasian, dengan begini... jgn siasiakan hidup dan nafas yg masih kita miliki hingga saat ini ya de...


    bukan begitu??

    BalasHapus
  3. kata kematian slalu membuat merinding >,<

    BalasHapus
  4. Kita tidak akan pernah tau apa cara Tuhan agar kita mengingatnya ... Ya, Tuhan punya berjuta bahkan tak terhingga cara untuk itu... Nice post bang daka :)

    BalasHapus
  5. #jleeeeeb
    gue sendiri juga udah menyaksikan dengan mata kepala sendiri orang yang sekratul maut, sumpah nggak kuat ngeliatnya, merinding, serem seserem-seremnya :'(

    BalasHapus
  6. Aku barusan selesai liat videonya, serem banget yah ceritanya... RIP Ben Breedlove!! Kita memang gak tahu kapan akan mati, tapi semoga saja sebelum mati kita bisa membuat sesuatu yang berguna untuk orang lain :)

    BalasHapus
  7. you're kinda proof that GOG is exist, breedlove

    BalasHapus
  8. wew, sumpah merinding.
    kabarnya udah mati kan dia

    BalasHapus
  9. blogger yang unik. caranya cukup kreatif menurut gue, tp sayang sudah berpulang. RIP. nice post :D

    BalasHapus
  10. Nice share.. mengingatkan pada kematian yang bisa datang kapan saja #glek

    BalasHapus
  11. merinding disco liat videonya ,koq bisa dia tau kapan dia mati yah??

    BalasHapus
  12. belom nonton videonya aja gue udah merinding. Gokil juga si Breedlove, meski udah 3x lolos dari kematian dia masih bisa ngeshare pegalamanya sebelum bener-bener dipanggil.

    BalasHapus
  13. Cara Tuhan untuk menunjukkan jalan pada hamba2Nya berbeda-beda. TT__TT

    BalasHapus
  14. merinding bacanya :O
    masih muda yaa padahal :3

    BalasHapus
  15. Merinding liatnya, apalagi dia gak bersuara, cm tulisan di kertas doang. Merinding gila!!

    BalasHapus
  16. Tuhan selalu punya cara tersendiri buat kita untuk selalu inget akan kehadiraNya :)

    nice post :))

    BalasHapus

Silakan tulis komentar, saran, dan kritik di kolom bawah ini: