Sabtu, 06 Agustus 2011

Nightfall: The Element Location

Selamat malam pembaca, malam yang syahdu di bulang ramadhan ini, terdengar sautan ayat-ayat Al-Qur’an di sana-sini, membuat tangan ini tidak capek buat nulis. Oh ya pembaca, boleh sedikit berbagi nggak pembaca, saya udah mulai merambah dunia novel nih, dulu yang cuman cerpen, cermin, cerbung dan puisi sekarang udah mulai nyoba buat novel nih dan yang membuat acara buat novel ini seru yaitu bareng sama RAT. (baca= Saya Kembali Lagi dengan Abadi)
Tapi, topic of the night bukan itu. Saya mau ngeresensi novel. Udah lama banget nggak ngeresensi novel. Novel kali ini memang agak sedikit beda sama novel-novel sebelumnya yang saya resensi, yah genrenya berbeda. Fantasi. Novel ini saya temuin pas lagi ngubek-ngubek rak novel fiksi di perpustakaan sekolah berikut ada ulasan kejadiannya,

A sebagai Mbak A—Mbak Agustina—librarian.
R sebagai saya Andaka Rizki Pramadya.

R: Pagi mbak A!
(Mbak A noleh dan langsung sumringah)
A: Pagi juga, tumben pagi-pagi udah kesini Ka?
R: Iya nih, dapet tugas BI, disuruh cari novel.
A: Oh, tuh masih banyak yang nungguin kamu baca.
(Ngubek-ngubek rak novel fiksi sambil melingkarkan jari membentuk huruf O)
A: Mbak A, Nightfall-nya dipinjem ya?
R: Engga deh kayaknya Ka, tuh-tuh (nunjuk ke arah rak nomor 2)
A: Oh ya mbak, maaf Sindrome Silinder!
R: Apa’an lagi itu Sindrome Silinder? Mau pinjem Nightfall lagi?
A: Bahasa baru mbak A, haha iya buat tugas Bu Hariani—guru Bahasa Indonesia.
R: Siip, kembaliin minggu depan jangan telat lagi.
A: Oke.

Dari percakapan nggak jelas diatas bisa disimpulkan, novel apakah yang mau saya resensi. Ya, Nightfall: The Element Location. Buku tulisan Rizky Y.S. ini bercerita tentang petualangan di dunia yang bernama Merdada. Nightfall dalam novel ini berarti kiamat, yaitu tidak adanya lagi matahari yang terbit di pagi hari dan terbenam di malam hari. Relva, seorang pemuda bertubuh atletis adalah pemeran utama dalam novel ini. Relva adalah seorang pengembara, ia baru saja tiba dari pengembaraan panjangnya dari kota Tinton menuju ke kota kelahirannya, Bestonia. Relva yang baru satu hari tenang di Bestonia tiba-tiba dikagetkan oleh hilangnya Nairne, anak Putri Raja Bestonia. Ia ditugaskan oleh ayah Nairne untuk mencari Nairne. Relva yang notabene sahabat Nairne sejak kecil menerima tugas itu dengan senang hati. Petualang baru Relva segera dimulai.
Relva berkelana dari satu daerah ke daerah lain, di suatu kota bernama Gazzo ia bertemu dengan Deidre seorang Mercenary—prajurit bayaran yang bekerja dengan imbalan uang atau emas, mereka hidup menyendiri dan mereka petarung yang andal, kebanyakan dari mereka adalah mantan kesatria yang sudah pensiun—yang membuatnya masuk kedalam petualangan yang seru dan menegangkan. Perjalanan Relva dan Deidre berlanjut dan singgah ke desa bernama Senna. Di Senna mereka berdua bertemu dengan seorang Zikku—salah satu klan/ras yang bercirikan separuh manusia dan separuh kucing, mereka adalah ras terlincah, mereka hidup berkelompok dan menyebar di seluruh Merdada—perempuan yang handal dan cekatan. Mereka bertiga berkenalan ketika mereka bertiga berhasil mengalahkan Cavlah—monster yang menghantui desa Senna. Perjalanan mereka tidak berhenti disitu, mereka bertemu dengan seorang Elv—seorang manusia setengah peri yang hidup di hutan-hutan ajaib, mereka seorang penyembuh dan peracik obat yang handal, mereka juga peka terhadap apapun, mereka makhluk yang hampir abadi karena hidup bisa ratusan tahun karena obat-obat herbal yang mereka buat—bernama Majorie, Majorie adalah Elv perempuan yang pintar meramu obat-obatan. Petualangan mereka berlanjut ke daerah Jubilo dan mereka dihadapkan kepada kenyataan bahwa Nightfall akan terjadi lagi. Di dalam hati Relva yang berkecamuk ia bingung mana yang harus ia selamatkan Medarda atau Nairne? Bagaimana kelanjutannya? Itu tugas kalian pembaca untuk menyelesaikan novel ini sendiri.

Nah seru kan? Bagi novelovers penggila novel fantasi pasti ingin sekali membacanya. Selamat membaca bagi kalian semua dan maaf saya tidak bisa memberikan arahan lengkap tentang novel ini, yang bisa saya berikan hanya ini.

Judul: Nightfall: The Element Location
Penulis: Rizky Yunanto Siswoyo
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: 2006
Nomor ISBN: 979-780-070-9

Nb: Maaf tidak ada gambar, kabel USB kamera saya raib entah kemana, jadi tidak bisa memposting cover depan dan belakang dari novel ini.

10 komentar:

  1. Kayaknya kisahnya seru tapi sayange aq bukan noveller xixixi

    BalasHapus
  2. iya mbak, memang. malah novel ini banyak dikritik soalnya terlalu RPG, tau RPG kan? XD

    BalasHapus
  3. Kayanya penerbit ini memang fokus dicerita seperti ini ya...

    BalasHapus
  4. @wahyu: salam kenal juga bang wahyu

    @riu: iya bang, di gagas media ada wadah namanya FantasiLit, khusus nampung novel-novel fantasi. dua terbitan gagas media yang pernah saya baca itu, Nightfall: The Element Location & Transpondex: Mesin Cinta Lintas Waktu :)

    BalasHapus
  5. waduh Ki..laen kali resensi novel non fiksi juga ya..bagus cara ngeresensinya..tugasnya dapet nilai bagus Ki?

    BalasHapus
  6. dok: oke dok, ini lagi cari2 buku Mama buat di resensi :) tugas apaan dok?

    BalasHapus
  7. oh baru mudeng dok tugasnya, iya tugasnya buat senin besok ini, saya nggak jadi pake Nightfall, saya ganti pake Refrain, belom ada resensinya sih. entar dok insyallah postingan selanjutnya :D

    BalasHapus
  8. Iye neh v: pernah baca nih book di perpus v: terlalu RPG .
    ksi linknya om v:
    gua suka nih novel.

    BalasHapus

Silakan tulis komentar, saran, dan kritik di kolom bawah ini: