Minggu, 14 Agustus 2011

(GoVlog-Ramadan) Indahnya Bersyukur, Syukur itu Indah

“Cara mensyukuri kelebihan adalah dengan menyegerakan melakukan apa yang bisa kita lakukan dari kelebihan itu.”
Mario Teguh

Quote bapak Mario diatas membuat saya merinding, kutipan itu mengingatkan saya pada diri saya sendiri yang kurang bersyukur atas kelebihan-kelebihan yang Tuhan berikan. Selama ini saya merasa kurang dan tidak memiliki apa-apa. Sahabat blogger mungkin ada sebagian yang merasa seperti saya, merasa kurang. Saya ingatkan kepada yang masih merasa kekurangan buang jauh-juah asumsi seperti itu,  karena di kehidupan kita yang sekarang Tuhan sudah melimpahkan kelebihan-kelebihan yang tidak bisa kita hitung jumlahnya, di kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagi kepada sahabat blogger semua, sebagian kecil kelebihan dari Tuhan yang patut saya syukuri. Tidak bermaksud sombong atau riya’ hanya sesama mengingatkan bahwa sesungguhnya ada banyak hal yang patut kita syukuri dalam kehidupan yang sebentar ini. Berikut adalah ulasannya:

1.       Kehidupan
Sebagai manusia sudah sepantasnya kita bersyukur atas kehidupan yang telah diberikan Tuhan atas hidup kita ini, mulai dari pertama kita membuka mata melihat isi dunia ini sampai nanti kita menutup mata di akhir hidup kita, menurut saya ini semua adalah suatu keajaiban. Tetapi saya seringkali merasa kehidupan ini tidak adil, “dia bisa hidup enak kenapa saya tidak?” saya seringkali mempunyai asumsi seperti itu. Saya sendiri juga bingung mengapa sifat alami manusia itu tidak pernah puas, mengapa kita selalu memandang keatas dan tidak menyukuri apa yang diberikan Tuhan di kehidupan kecil kita ini, walau kita hidup dalam kesederhanaan ekonomi, walau kadang hidup kita tak semudah membalikkan telapak tangan, tapi semuanya patut dan harus untuk disyukuri bukan?

2.       Kebahagiaan
Apakah anda bahagia? Pertanyaan itu dulu yang harus saya tanyakan kepada sahabat blogger semua. Jika iya, bersyukurlah karena anda adalah manusia yang selalu mensyukuri kebahagiaan, dan jika tidak coba lihatlah, apakah umur yang diberikan Tuhan ini bukan kebahagiaan, keluarga, teman-teman bahkan seorang kekasih yang selalu menyayangi kita ini bukan suatu kebahagiaan yang tak ternilai. Termasuk pula kesehatan, kesehatan adalah sebuah kebahagiaan, dan itu layak untuk disyukuri. Sekecil apapun kebahagiaan yang ada di hidup kita ini selayaknya pantas untuk disyukuri dengan sebesar-besarnya.

3.       Keluarga
Keluarga itu universal. Keluarga disini, bukan hanya hubungan atau relasi setiap manusia yang mempunyai hubungan darah, keluarga adalah seseorang yang selalu merasa memiliki, kita sesama manusia ini saudara, kita satu spesies, satu ras, walaupun banyak perbedaan-perbedaan diantara kita, tetapi tetap kita ini saudara. Bukankah perbedaan itu yang membuat semuanya lebih indah dan berwarna? Teman-teman, saudara, guru, sahabat, pacar, suami, istri bahkan seseorang yang belum atau tidak kita kenal itu termasuk keluarga kita, sesama manusia, karena sesungguhnya manusia adalah mahluk sosial dan tidak ada satupun manusia di bumi ini yang sanggup hidup sendirian.

4.       Perasaaan
Semua manusia di bumi ini, bahkan mungkin semua mahluk hidup di dunia ini memiliki perasaan. Perasaan iba, perasaan empati, perasaan marah, perasaan sedih, cinta, dll, itu adalah suatu keajaiban atau mukjizat Tuhan. Karena dengan perasaan kita bisa mengekspresikan semuanya mulai dari marah, sedih, senang, bahagia. Coba kalian semua bayangkan bagaimana jika Tuhan tidak memberikan kita perasaan, mungkin kita hanya dapat melihat orang-orang di sekeliling kita dengan ekspresi yang datar dan kosong tak bermakna. Perasaan adalah elemen kehidupan yang harus kita syukuri.

5.       Diri Sendiri
Pernahkah kalian merasa iri melihat orang lain lebih cantik/ganteng daripada kita, pernahkan kalian merasa kurang jika melihat seseorang yang lebih “sempurna” daripada diri kita? Saya yakin semuanya pernah. Iri itu wajar tapi jangan berlebihan. Berkacalah pada sebuah cermin, sejelek apapun diri kita tetaplah diri kita, suatu keindahan dan mahakarya dari Tuhan. Tuhan tidak pernah menciptakan umatnya dengan jelek bukan, jelek adalah pandangan sesama manusia, toh kita nanti di hadapan Tuhan sama, tidak ada pembeda kecuali kadar keimanan yang kita pupuk semasa di dunia.

6.       Kemampuan
Manusia memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda, kadang kala minat dan bakatnya tidak sama dan membuat manusia seringkali berputus-asa karena tidak dapat mencapai ambisi atau obsesinya. Tapi sekali lagi, bacalah kutipan Pak Mario Teguh diatas, carilah, eksplorasilah diri anda. Cari sesuatu yang bisa anda lakukan, karena sesungguhnya bakat adalah sesuatu yang bisa kita lakukan dengan baik. Sekecil apapun bakat yang kita miliki, jika diasah pasti akan membuahkan hasil yang maksimal dan begitupun sebaliknya, sebesar apapun bakat yang dikaruniakan Tuhan kepada kita tetapi jika tidak terus diasah hasilnya akan nihil. Saya bersyukur karena Tuhan memberikan saya kemampuan untuk menulis, dan saya akan melakukan dan tetap terus menulis dan semoga tulisan-tulisan saya ini bermanfaat bagi orang lain.

7.       Keterbatasan
Manusia adalah mahluk yang sarat akan keterbatasan, dan itu pun patut untuk kita syukuri. Karena dengan keterbatasan itu Tuhan mengontrol kita, Tuhan mengendalikan kita agar tidak melakukan segala sesuatu di luar batas, agar kita tidak menggunakan semua yang diberikan Tuhan secara serakah. Saya bersyukur saya diberi keterbatasan, saya sendiri tidak bisa membayangkan apabila setiap manusia tidak memiliki keterbatasan, manusia akan khilaf dan tidak memperdulikan sesamanya, bertindak semaunya dan out-of-control.

Mungkin hanya tujuh dan hanya tujuh yang bisa saya bagikan kepada sahabat blogger semua, karena manusia sarat akan keterbatas bukan. Tapi sesungguhnya masih ada berjuta-juta, bahkan bertriliun-triliun hal yang patut untuk disyukuri yang luput dari pemikiran manusia seperti kita. Bukankah keajaiban dunia itu ada tujuh dan lapisan langit itu ada tujuh, serta semoga tujuh hal ini bermanfaat dan bisa membuat sahabat blogger semua lebih mensyukuri nikmat yang ada di setiap jengkal kehidupan kita. Dan semoga di bulan suci yang penuh berkah ini kita semua diberikan kenikmatan ilahi yang tiada tara, diberikan semua berkah yang berlipat ganda dan selalu diberikan perasaan bersyukur yang tebal. Amin.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga puasa kita berkah dan diterima disisi Allah SWT, serta semoga kita menang sampai akhir di hari yang fitri nanti. Amin amin ya rabbal alamin.



18 komentar:

  1. bersyukur itu memang sangat penting ya mas rizki! saya setuju bgt bgt bgt dengan uraian mas rizki di atas, ayeee :D

    oiya, GoVlog itu apa ya mas? saya ketinggalan jaman rupanya wkw :o

    BalasHapus
  2. manakala saya selalu melihat ke atas mengenai kelebihan2 dari org lain, rasa bersyukur itu susah buat di implementasikan tapi hal tsb ada baiknya yaitu memotivasi agar bsa atau ada kemauan seperti apa yg sudah di dapat dari orang lain. Mungkin lbh banyak bersyukur menjadikan kita hidup terasa bahagia karena ukuran kebahagiaan tdk di ukur dari besarnya nilai materi atau jabatan serta status keluarga...

    BalasHapus
  3. @mbakRakyan: hmm, goVlog itu event lomba nulis artikel di blog mbak :)

    @bang yayak: bener banget, apalagi manusia kebanyakan ingin terus memenuhi kebutuhan hidupnya yang semakin hari semakin meninggi, jika tidak ada kontrol "syukur" di dalamnya ia pun akan jadi manusia yang serakah

    BalasHapus
  4. Bruahahaha, dalem nih postingannya :)
    setuju banget om, bersyukur, you know lah .. bersyukur itu penting, lebih penting dari sedekar boker nggak pake jamban :p nah lo, maksutnya, kita harus bersyukur dalam keadaan apapun, susah ataupun senang .. hahaha

    BalasHapus
  5. Betul banget, kita harus mensyukuri hidup ini, gak kebayang gue kalo tiba2 Allah buat bumi gak ada oksigennya, makanya gue suka kesel kalo ada orang nebang pohon sembarangan...

    BalasHapus
  6. gua kurang stuju sama artikel yang satu ini.. judul sama isi gak berhubungan.
    Menurut gua, ARP udah melakukan "sesuatu" pada kelebihannya. Udah buat blog seputar sastra, berpartisipasi dalam komunitas sastra, aktif dalam kegiatan kesastraan dan laen sebagainya.
    Kalu hal-hal itu yang dibahas, saya baru setuju. Bikin artikel baru lagi Ki soal subjek yang saya tulis.. :D saya yakin kamu ngerti dan bisa. Lha wong sastra makanan dan nafas sehari-hari krik krik krik..

    BalasHapus
  7. gua kurang stuju sama artikel yang satu ini.. judul sama isi gak berhubungan.
    Menurut gua, ARP udah melakukan "sesuatu" pada kelebihannya. Udah buat blog seputar sastra, berpartisipasi dalam komunitas sastra, aktif dalam kegiatan kesastraan dan laen sebagainya.
    Kalu hal-hal itu yang dibahas, saya baru setuju. Bikin artikel baru lagi Ki soal subjek yang saya tulis.. :D saya yakin kamu ngerti dan bisa. Lha wong sastra makanan dan nafas sehari-hari krik krik krik..

    BalasHapus
  8. Like! Tulisannya inspiratif. Saya paling seneng baca2 yg memotivasi. :D

    BalasHapus
  9. subhanallah..
    suka deh bacanyaaa.. :)
    salam kenal kak :D

    BalasHapus
  10. wow. inspiratif bangeeet. suka banget nget sama artikel ini. semoga menaaaaaang :D

    BalasHapus
  11. dengan bersyukur rezeki akan ditambahkan :D semoga kita selalu jadi umat yang selalu bersyukur, amien

    BalasHapus
  12. benar sekali. kadang kita malah menginginkan sesuatu yang blm kita punya. bukannya memanfaatkan apa yang udah dipunya.

    semoga menang.

    BalasHapus
  13. saya suka salah satu pepatah. Kurang lebih intinya gini:
    "Orang yang nggak tau diri adalah yang menanti kesempatan datang, tapi tidak segera menerkam ketika kesempatan itu datang."

    ga nyambung yah? Ya intinya sih gitulah~

    BalasHapus
  14. @om dian: siap om XD

    @bang feby: maka dari itu bang, lagian oksigen di bumi ini udah makin nipis malah semakin banyak aja orang-orang yang nebang poon sembarangan

    @dok: dokter, terima kasih kritikannya :) membangun sangat :D terima kasih BUANYAAAK!

    @bang hedodi: terima kasih bang :)

    @sriii: alhamdulillah yah *syahrini salam kenal juga :D

    @mbak pungky: aminamin, terima kasih mbak pung :D

    @tante hani: iya tante makasih doanya

    @mbak tiara: amin dan selalu dalam jalan yang lurus :3

    @bang yus: bener, itulah bang sifat asli manusia, :D

    @bang hendra: salam super :D

    @Lain: bener bang, disambung-sambungin bisa lah :D

    BalasHapus
  15. bersyukur penting dan memang membahagiakan tapi kok merasa kurang puas kadang lebih mendominasi yah? :(

    tapi biar bagaimanapun,..
    hal-hal kecil itulah yang harus disyukuri.

    BalasHapus
  16. hah? aaaa yaampuun saya baru tau mas, waah ketinggalan banget saya :'(


    btw, nice post:)

    BalasHapus

Silakan tulis komentar, saran, dan kritik di kolom bawah ini: