Selasa, 16 Agustus 2011

Indonesia, Tanah Air Beta..

Indonesia, tanah air beta..
Indonesia, tanah tercinta..
Indonesia, harta pusaka..
Indonesia, merdeka..

Indonesia, banggakah engkau padaku?
Pada aku yang tak pernah khidmat saat upacara
Pada aku yang hanya bisa diam ketika kau diinjak-injak
Pada aku yang belum bisa membawa namamu keatas tangga dunia

Indonesia, hanya aku, mungkin hanya aku.
Seorang anak kawakan jawa, yang kental dengan kalimat-kalimat medok yang khas.
Seorang pria perangkai kata yang terselip dalam lipatan takdir.
Seorang yang hidup dalam kamuflase-kamuflase menggelitik.
Seorang yang terburu mengejar takdir yang lari.

Indonesia,
disini, di dada ini, nyawamu dan nyawaku.
Di setiap fragmen hidupku, tersirat semburat jiwa garudamu.
Dalam gores demi gores kata yang lama kuukir, terjejal semangat merah putihmu.
Diatas debu dalam takdirku, terpatri manis, lembut, bahasa kalbumu.

Indonesia,
dulu, sekarang atau selamanya,
aku, kami dan kita semua,
adalah anak-cucumu dan tak akan lepas,
dari semua napak tilasmu.

Indonesia,
diatas lekuk indah gunung Rinjani,
di alur-alur sungai Musi,
dalam setiap kelopak Raflesia Arnoldi,
di meja-meja jati politisi,
di semua celoteh anak pinggir kali,
kau HIDUP, kau ADA, kau ABADI.

Indonesia,
cuma Indonesia,
tempat dimana aku membuka mata,
dan akan menjadi tempat dimana aku menutupnya pula.

Indonesia, simbolisasi ini
kupersembahkan 'tuk setiap originalitas
'tuk semua kreatifitas
'tuk satu nama, INDONESIA

Surabaya, 16 Agustus 2011

Saat lantunan doa mengambang di udara
Saat pekikan kata MERDEKA menggetarkan lidah
66 tahun lalu, seribu satu insan bersatu
membela, merebutmu dari para kumpeni
Saat ini, kami memperjuangkanmu
dalam persaingan dunia yang semakin menjerat

dari anakmu,
Andaka Rizki Pramadya

10 komentar:

  1. sipp gan,,walopun gak khidmat upacara yg penting hati tetap nasionalis....
    *terharu

    BalasHapus
  2. Merdeka !!!

    Ketika sangsaka merah putih berkibar
    banggakah kalian ?
    Ketika aku mati demi mu
    banggakah kalian ?
    Ketika aku bersenang ria berpanas dan berhujan-hujanan demimu
    bangga kah kalian ?

    Ketika ohsss ketika :/

    sedikit informasih, gue besok 17 agustusan di perjalanan #apaini

    BalasHapus
  3. Aku rasa dalam menyanyikan lagu nasional lebih terharu saat saya tidak ditanah air (gemater, terharu dan kaya mau nangis)

    BalasHapus
  4. sekarang saat nya yang muda bergerak mengisi kemerdekaan.
    http://dinneno.wordpress.com/2011/08/15/kado-merdeka-untuk-indonesia-dari-kaum-muda-kadomerdeka/

    BalasHapus
  5. INDONESIA MERDEKA!!!!

    maaf yah walaupun gak khidmat juga saat upacara tapi tetap one heart and one love for indonesia

    sip nice post :D

    BalasHapus
  6. manteb bener nih . ehehee
    Indonesia semakin maju deh pokoknya ^^

    BalasHapus
  7. 'tuk sat nama INDONESIA
    MERDEKA!
    Semangat untuk Indonesia yang lebih baik

    BalasHapus
  8. Berantas KKNSARAkemiskinankebodohandanalay!!!!!

    BalasHapus
  9. MERDEKA
    maju terus generasi muda indonesia dengan puisi dan prosa2 nya...

    BalasHapus

Silakan tulis komentar, saran, dan kritik di kolom bawah ini: