Kamis, 03 Januari 2013

Biru (Karena Mimpi Kita 'kan Hadir Bersama Hujan)

Halo sudah terlampau satuan masa sangat lama saya tidak menulis lagi di blog ini, mungkin banyak pembaca yang mengira saya "cuti" untuk menulis. Nyatanya tidak. Bahkan asumsi seperti itu salah besar. Saya berhenti menulis di blog karena satu misi. Ya karena saya dalam proses menulis novel, lebih tepatnya novel perdana saya. Saat saya menulis lagi di blog ini tandanya saya telah menyelesaikan proyek pertama saya itu. Baiklah langsung saja ini adalah novel perdana saya, berikut dengan sinopsisnya.

Biru,
sebuah novel oleh Andaka Pramadya
(belum rilis)




"Karena aku percaya, Tuhan menyimpan rapat mimpi kita di atas langit biru sana."

SINOPSIS:
"Karena menurutku biru adalah lambang kebebasan, lambang dari samudera yang tak terbatas. Tempat di mana kita berjanji pada dunia bahwa kita bukan hanya sekedar pemimpi belaka. Biru juga adalah langit; tempat di mana Tuhan menyimpan rapat doa kita dan pada saatnya tiba, Tuhan menjatuhkannya seperti hujan. Hingga... kita kewalahan. Saat di mana Tuhan benar-benar ada di depan mata kita, bercerita kepada kita, memberitahu tentang mimpi-mimpi kita yang Ia simpan jauh di dalamnya.”
            Jauh di sebelum dunia pernah ada, manusia-manusia di dunia sudah digariskan takdirnya oleh Tuhan, seperti aku, kamu, dan mereka. Lalu... menjadi seperti apakah kita sepuluh tahun setelahnya? Aku tahu, tapi bukan kuberitahu sekarang.
            Tentang sebuah perjalanan yang sebelumnya berjalan seperti apa adanya, lalu berubah karena sebuah mimpi yang pernah sama-sama kami sematkan kepada Tuhan. Cerita klise tentang cita-cita, ambisi, pengakuan, dan pencapaian. Mungkin dikemas dalam skenario Tuhan juga entah dibuatnya kapan.
            Juga tersibak sebuah romansa, dalam celah-celah mimpi yang masih berusaha kita perdengarkan pada-Nya. Hingga... salah-satu dari kita harus rela berhenti demi itu semua. Karena di dalam sebuah cerita tentang hidup anak manusia tak perlu sebuah kerucut untuk mengakhiri atau sebongkah bujur sangkar untuk memulainya. Segalanya berawal dari mana mimpimu ada, disemat di mana, dan kau ambil kapan? Biru memang akan selamanya menjadi biru, tidak akan berubah merah muda atau ungu. Dan jangan sekali-kali kau ingin mengintip apa yang digariskan Tuhan sebelum waktunya, karena cerita di hidup manusia tak selalu indah pada waktunya, melainkan indah itu ada waktunya. Titik berat permasalahannya adalah saat kau siap menerima kebagaiaan adalah di saat itulah kau harus siap menerima kepedihan, yang bahkan... sangat dalam.





16 komentar:

  1. Kirain lagi semedi buat UAS, si Daka tiba-tiba menghilang di telan bumi. Biasanya ada Dakpra atau lactobacilus di TL. Ternyata sedang garap Novel. Cerpen-cerpenmu saja bagus, kuyakin Novelmu tidak kalah bagusnya. Kapan rilis nih?

    BalasHapus
  2. gue percaya penulis blog ini nggak akan berhenti untuk menulis. semoga cepat rilis novel perdananya :)

    BalasHapus
  3. Ternyata bukan thriller seperti genre 'kebiasaanmu'. :) But still, aku doakan yg terbaik bang, semoga cepat terbit. Give me a chance to be ya 1st reader! =))

    BalasHapus
  4. Ternyata bukan thriller seperti genre 'kebiasaanmu'. :) But still, aku doakan yg terbaik bang, semoga cepat terbit. Give me a chance to be ya 1st reader! =))

    BalasHapus
  5. Akhirnya muncul di blog lagi. Kangen deh sama kamu. hha
    Novelnya Langsung masuk list buku yang bakal dibaca nih. :):) Semoga cepat dirilis. yap !

    BalasHapus
  6. Major atau minor? Cara dapetinnya gimana, Dak?

    BalasHapus
  7. wiiiiiiiiiih
    keren banget bisa bikin novel
    semoga laris manis dan menginspirasi yaa novelnya =D

    BalasHapus
  8. selamat buat daka , kapan kita bisa kopdaran lagi :) , aku bakal beli mu kalau terbit :)

    BalasHapus
  9. woaaa menghilang dan tiba-tiba muncul dengan ... novel.. awesome! :D aku doakan yang paling terbaik bang Andaka :)

    btw lirisnya kapan?

    BalasHapus
  10. Lama tak kemari, nampaknya Daka sudah kian besar niatnya untuk mandiri dan punya pacar (loh?). Gud Lak lah dg rencana Novelnya. Salam Rindu jg hehe

    BalasHapus
  11. Congratulation dakaaa :D

    kapan terbit ? aku nunggu novel selanjutnya yg thriller yaa, keren abis (y)

    BalasHapus
  12. at least..
    selamaat!!!

    rindu baca tulisan di blog ini :)

    BalasHapus
  13. wah keren, udah bikin buku sendiri aja kamu :D
    semoga cepat rilis dan laris ya Andaka.. :)

    BalasHapus
  14. Daka.... Kau selalu menjadi salah satu favoriteku... :)
    Sama seperti kata Basith, It will be a great pleasure for me that if you give me chance to be one of your first reader

    BalasHapus
  15. kata katanya bagus banget.. izin download .. :)

    BalasHapus
  16. biru warna yang membuat mata kita lebih rilex memang :D

    BalasHapus

Silakan tulis komentar, saran, dan kritik di kolom bawah ini: